11/21/2011

dan Sabarku ..




Aku pernah berharap bahwa Hidupku akan baik2 saja..
Tapi, seperti yang banyak dikatakan orang2..  apa yang kita inginkan takkan seperti apa yang kita harapkan..
Juga apa yang terbaik menurut kita, belum tentu terbaik menurut Allah..
Sejauh ini.. kehidupanku baik2 saja..
Berat ringan itu pasti biasa…
Hidup selalu kan berjalan.. roda terus berputar… tak selalu dibawah dan diatas.
Pahit manis kehidupan, mungkin belum semua orang mencobanya. Tapi, suatu saat nanti pasti. Karna itulah kehidupan.
Tak selalu menyenangkan. Dalam hidup pasti kata “Menangis” sudah akrab didengar. Paling tidak dalam hidup “Menangis” pernah menjadi teman. Terkadang pengekspresian diri yang tak terpuaskan, berharap dengan Tangisan menemukan jalan. Mengobati dada yang sakit, meringankan beban pundak yang berat. Benar. Paling sedikit, sekali seumur hidup. Mungkin?
Sabar. Mereka bilang sabar ada batasnya. Tapi, sebenarnya  sabar tak terbatas. Ia luas layaknya Laut yang melingkari bumi. Bulat dan tak pernah putus. Tergantung bagaimana memaknainya, jika berkeyakinan sabar itu tiada batas, maka kesabaran pasti kan selalu ditemui. Namun jika berkeyakinan sabar itu ada batasnya. Lihatlah, suatu saat nanti ada hari2 dimana penyesalan kan datang. Kenapa? Karna ketika sabarmu sudah terbatasi segala hal bukan tidak mungkin akan dilakukan. Sabar terbatas diterjemahkan dengan “Marah”. Ada saatnya marah. Tapi marah bukan menjadi aplikasi bahwa kesabaran sudah habis. Banyak hal yang bisa dipertimbangkan tanpa munumpahkan kalimat “Marah”. Dari “Marah” akan banyak hal yang lahir. Sakit Hati,dengki yang menyebabkan permusuhan yang berkepanjangan.
Allah tidak suka dengan orang yang suka mencaci orang lain:

"Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."
[An Nisaa’:148]


Daripada Marah, yakinkan bahwa sabar tak ada batasnya. Energy positif dari sabar akan menyelaraskan pikiran dan sikap.
"Maka bersabarlah kamu (hai Muhammad) terhadap ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu seperti orang yang berada dalam (perut) ikan ketika ia berdoa sedang ia dalam keadaan marah (kepada kaumnya).“
[Al Qalam:48]
Sabar adalah satu sifat yang mulia. Dengan sifat sabar, kita bisa merubah lawan menjadi teman. Orang-orang yang sabar mempunyai keuntungan yang besar:

"Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.
Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar." [Fushilat:34-35]

Mudah-mudahan Allah SWT memberi kekuatan bagi kita hingga bisa jadi orang yang sabar dan dekat denganNya.

Doa agar diberi Allah kesabaran dan wafat dengan akhir yang baik (Husnul Khatimah)
di mana kita bukan hanya dicintai Allah, tapi juga manusia:


“Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri kepada-Mu” [Al A'raaf 126]


Aamiin.. =)


*21 Nov ’11 [ kantor kecilku #ketika sabarku berubah murka ]


 

~a thousand dreams.~ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea